Arief Deka

  • This is Slide 1 Title

    This is slide 1 description. Go to Edit HTML and replace these sentences with your own words. This is a Blogger template by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com...

  • This is Slide 2 Title

    This is slide 2 description. Go to Edit HTML and replace these sentences with your own words. This is a Blogger template by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com...

  • This is Slide 3 Title

    This is slide 3 description. Go to Edit HTML and replace these sentences with your own words. This is a Blogger template by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com...

Senin, 30 April 2018

Artikel tentang “ Quantum Computation / computer kuantum “

  “ Quantum Computation / computer kuantum “

PENDAHULUAN
Teknologi komputer pada zaman globalisasi saat ini telah berkembang pesat, sehingga komputer dengan teknologi lama mulai tergantikan dengan teknologi yang baru yang pastinya sudah lebih canggih. Kita bisa melihat contohnya pada teknologi pemrosesan Quantum Computing yang merupakan alat hitung menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum. Dapat diambil contohnya seperti penggunaan superposisi dan keterkaitan (entanglement) untuk proses operasi data. Dalam komputer klasik jumlah data dihitung dengan bit, sedangkan dalam komputer kuantum jumlah data dihitung dengan qubit. Adapun prinsip dasar komputer kuantum yang perlu kita tahu adalah bahwa sifat quantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data. Selain itu prinsip lainnya adalah bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan operasi pada data tersebut. Oleh karena itu, untum mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan logika baru yang tentunya sesuai dengan prinsip quantum ini.
Saat ini komputer kuantum memang masih dalam pengembangan, namun telah dilakukan eksperimen dimana operasi komputer kuantum dilakukan atas sejumlah kecil qubit. Riset baik secara teoretis maupun praktik terus berlanjut dalam laju yang cepat, dan banyak pemerintah nasional dan agensi pendanaan militer mendukung riset komputer kuantum untuk pengembangannya baik untuk keperluan rakyat maupun masalah keamanan nasional. Ide mengenai komputer kuantum ini berasal dari beberapa fisikawan antara lain Charles H. Bennett dari IBM, Paul A. Benioff dari Argonne National Laboratory, Illinois dan David Deutsch dari University of Oxford, serta Richard P. Feynman dari California Institute of Technology (Caltech).

ENTANGLEMENT
Setelah sedikit memahami apa itu quantum computation dan quantum  computer kita akan memasuki pembahasan dari Entanglement. Entanglement sendiri masih bagian dari Quantum Computation. Apa itu Entanglement? Entanglement adalah suatu teori mekanika quantum yang menggambarkan seberapa cepat dan betapa kuatnya keterhubungan partikel-partikel pada Quantum computer yang dimana jika suatu partikel diperlakukan “A” maka akan memberikan dampak “A” juga ke partikel lainnya.

Ada juga pemahaman lain tentang Entanglement menurut Albert Einsten “Entanglement Kuantum” di istilahkan “Perbuatan Sihir Jarak Jauh” yang merupakan sifat dasar mekanika kuantum. Entanglement memungkinkan informasi kuantum tersebar dalam puluhan ribu kilometer, dan hanya dibatasi oleh seberapa cepat dan seberapa banyak pasangan entanglement dapat bekerja dalam ruang. Dari sumber yang saya dapatkan dari internet : [Quantum entanglement]  merupakan fenomena yang menghubungkan dua partikel sedemikian rupa sehingga perubahan yang terjadi pada satu partikel seketika itu juga tercermin dalam partikel lainnya, meski mungkin secara fisik diantara mereka terpisah beberapa tahun cahaya.

PENGOPERASIAN DATA QUBIT
Ilmu informasi quantum dimulai dengan menggeneralisir sumberdaya fundamental informasi klasik—bit—menjadi bit quantum, atau qubit. Sebagaimana bit merupakan objek ideal yang diabstraksi dari prinsip-prinsip fisika klasik, qubit adalah objek quantum ideal yang diabstraksi dari prinsip-prinsip mekanika quantum. Bit bisa direpresentasikan dengan kawasan-magnetik pada cakram, voltase pada sirkuit, atau tanda grafit yang dibuat pensil pada kertas. Pemfungsian status-status fisikal klasik ini sebagai bit tidak bergantung pada detil bagaimana mereka direalisasikan. Demikian halnya, atribut-atribut qubit adalah independen dari representasi fisikal spesifik sebagai pusingan nukleus atom atau, katakanlah, polarisasi photon cahaya.
Bit digambarkan oleh statusnya, 0 atau 1. Begitu pula, qubit digambarkan oleh status quantumnya. Dua status quantum potensial untuk qubit ekuivalen dengan 0 dan 1 bit klasik. Namun dalam mekanika quantum, objek apapun yang memiliki dua status berbeda pasti memiliki rangkaian status potensial lain, disebut superposisi, yang menjerat kedua status hingga derajat bermacam-macam. Status-status qubit yang diperkenankan persisnya merupakan semua status yang harus bisa dicapai, secara prinsip, oleh bit klasik yang ditransplantasikan ke dalam dunia quantum. Status-status qubit ekuivalen dengan titik-titik di permukaan bola, di mana 0 dan 1 sebagai kutub selatan dan utara Kontinum status antara 0 dan 1 membantu perkembangan banyak atribut luar biasa informasi quantum.

ALGORITMA QUANTUM COMPUTING
Algoritma Kuantum merupakan suatu algoritma yang berjalan pada model yang realistis pada perhitungan kuantum. Adapun macam-macam algoritma kuantum ini sendiri akan dijelaskan sebagai berikut :
Algoritma Shor ditemukan pertama kali oleh Peter Shor pada tahun 1994. Algoritma Shor ini secara prinsip dapat melakukan faktorisasi secara efisien, oleh karena itu penggunaan algoritma ini hanya dapat dikerjakan oleh sebuah komputer kuantum. Dengan adanya Algoritma Shor ini, sebuah komputer kuantum dapat memecahkan sebuah kode rahasia yang saat ini secara umum digunakan untuk mengamankan pengiriman data yang disebut dengan kode RSA. Jika disandikan melalui kode RSA, data yang dikirimkan akan aman karena kode RSA tidak dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat. Selain itu, pemecahan kode RSA membutuhkan kerja ribuan komputer secara paralel sehingga kerja pemecahan ini tidaklah efektif. Contohnya : Seorang pemecah kode akan membutuhkan waktu 8 bulan dan 1.600 pengguna internet jika ia akan memecahkan kode RSA yang disandikan dalam 129 digit. Jika hal ini mungkin, pengirim data hanya perlu menambahkan digit pada kode RSA-nya agar para pemecah kode membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk memecahkan kuncinya. Sebagai gambaran, pemecahan kode RSA 140 (140 digit) akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari umur alam semesta (15 miliar tahun). Namun, jika pemecah kode menggunakan komputer kuantum, mereka dapat memecahkan kode RSA 140 hanya dalam waktu beberapa detik. Hal inilah yang membuat waswas para pengguna channel komunikasi rahasia saat ini untuk melakukan pengiriman data secara aman.
 Algoritma Grover. Lov Grover dirumuskan itu pada tahun 1996 . Dalam model komputasi klasik , mencari database unsorted tidak dapat dilakukan dalam waktu kurang dari waktu linier (jadi hanya mencari melalui setiap item optimal ). Algoritma Grover adalah sebuah algoritma kuantum untuk mencari database disortir dengan entri N di O ( N1 / 2 ) waktu dan menggunakan O ( log N ) ruang penyimpanan (lihat notasi O besar ). Algoritma Grover menggambarkan bahwa dalam model kuantum pencarian dapat dilakukan lebih cepat dari ini sebenarnya waktu kompleksitas O ( N1 / 2 ) adalah asimtotik tercepat mungkin untuk mencari database unsorted dalam model kuantum linear. Ini menyediakan percepatan kuadrat, seperti algoritma kuantum lainnya, yang dapat memberikan percepatan eksponensial atas rekan-rekan mereka klasik. Namun, bahkan percepatan kuadrat cukup besar ketika N besar. Seperti banyak algoritma kuantum, algoritma Grover adalah probabilistik dalam arti bahwa ia memberikan jawaban yang benar dengan probabilitas tinggi . Kemungkinan kegagalan dapat dikurangi dengan mengulangi algoritma.


IMPLEMENTASI QUANTUM COMPUTING
Pada tahun 2000, IBM sudah membuat quantum computer dengan 5 qubits dengan atom sebagai prosesornya. dan D-Wave perusahaan komputer asal Vancouver, Canada merilis kabar bahwa pihaknya telah mampu untuk beroperasi dengan prinsip quantum yang jauh ebih cepat dari komputer yang ada saat ini.
Komputer yang diberi nama “Orion” ini, menggunakan teknik cetakan rata yang sistematis, dipadukan dengan sebuah chip niobium superkonduksi dan suhu ultrarendah, dapat mengerjakan 16 qubit. Chip inti harus dingin hingga mendekati titik nol absolut (-125.15ºC), agar supaya dalam proses perhitungannya tetap dalam kondisi kuantum.
Perusahaan D-Wave menuturkan, bahwa komputer kuantum ini bisa mengoperasikan 64 ribu hitungan secara bersamaan, dan prototipe komputer kuantum yang diperlihatkannya pada 13 Februari 2007 merupakan komputer tipe bisnis yang pertama di dunia, di dalamnya ditanami chip kuantum yang dapat mengoperasikan 16 qubit.


Cloud Computing

Cloud computing

Cloud computing, Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud)dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service),  sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”)  tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.
Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaSWeb 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah webdengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.
Layanan Komputasi Awan :

Infrastructure as a Service (IaaS)
Infrastructure as a Service adalah layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, storage, bandwith dan konfigurasi lain. Komponen-komponen tersebut digunakan untuk membangun komputer virtual. Komputer virtual dapat diinstal sistem operasi dan aplikasi sesuai kebutuhan. Keuntungan layanan IaaS ini adalah tidak perlu membeli komputer fisik sehingga lebih menghemat biaya. Konfigurasi komputer virtual juga bisa diubah sesuai kebutuhan. Misalkan saat storage hampir penuh, storage bisa ditambah dengan segera. Perusahaan yang menyediakan IaaS adalah Amazon EC2, TelkomCloud dan BizNetCloud.

Platform as a Service (PaaS)
Platform as a Service adalah layanan yang menyediakan computing platform. Biasanya sudah terdapat sistem operasi, database, web server dan framework aplikasi agar dapat menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Perusahaan yang menyediakan layanan tersebutlah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan computing platform ini. Keuntungan layanan PaaS ini bagi pengembang adalah mereka bisa fokus pada aplikasi yang mereka buat tanpa memikirkan tentang pemeliharaan dari computing platform. Contoh penyedia layanan PaaS adalah Amazon Web Service dan Windows Azure.





Software as a Service (SaaS)
Software as a Service adalah layanan komputasi awan dimana kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Penyedia layanan mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi tersebut. Contoh layanan aplikasi email yaitu gmail, yahoo dan outlook sedangkan contoh aplikasi media sosial adalah twitter, facebook dan google+. Keuntungan dari layanan ini adalah pengguna tidak perlu membeli lisensi untuk mengakses aplikasi tersebut. Pengguna hanya membutuhkan perangkat klien komputasi awan yang terhubung ke internet. Ada juga aplikasi yang mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar bisa mengakses aplikasi yaitu Office 365 dan Adobe Creative Cloud.

Contoh perushaan yang menyediakan layanan cloud computing, antara lain Telkom untuk perushaan lokal di Indonesia dan Amazan untuk perushaan asing di luar Negeri.
TELKOM
Cloud Computing atau komputasi awan merupakan sebuah solusi layanan penyimpanan data yang kian marak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di dunia dan di Indonesia. Salah satu perusahaan yang fokus pada pelayanan Cloud Computing adalah yaitu PT. Telkom. dengan website http://www.telkom.co.id/.
Telkom menetapkan TelkomCloud Computing sebagai salah satu layanan unggulan dari empat area pertumbuhan Telkom yang diharapkan dapat meningkatkan revenue portofolio information Telkom. Telkom Cloud Computing merupakan payung bagi layanan-layanan Cloud Computing yakni TelkomVPS dan TelkomCollaboration yang ditujukan untuk pelanggan usaha kecil dan menengah.
TelkomVPS adalah sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk memiliki server Windows Server 2008 secara virtual ‘virtual private server’,  di mana pelanggan dapat menginstal aplikasi, melakukan partisi, melakukan reboot selayaknya dedicated server sesuai dengan kebutuhannya.
Layanan TelkomVPS, memberikan layanan yang memiliki sistem keamanan secara menyeluruh terhadap sistem yang dipergunakan:
Teknologi SSL (Secure Socket Layer) dengan digital certificate resmi “Digicert” 256 bit (dikenal secara default oleh Browser).
Microsoft Server Firewall 2008
Konfigurasi dua area: Internal dan DMZ (Demiliterized Zone) yang memisahkan data secara internal dengan akses only melalui firewall
Adapun fitur-fitur dan teknologi dari layanan yang disediakan oleh perushaan Telkom:
Fitur VPS:
Sistem Operasi Windows Server 2008 Web Edition dan atau Standard Edition
Kemampuan reboot secara independent.
Dapat di-manage dengan remote desktop.
Mempunyai aplikasi-aplikasi & file system sendiri.
Berfungsi selayaknya dedicated server.
System redundant untuk meningkatkan availability.
Database MS SQL Server 2008.
Dedicated Static Public IP Address.
Kapasitas Bandwidth kecepatan tinggi.
Fitur Kolaborasi dan sharepoint:
Instant Messaging dengan jaminan keamanan melalui jaringan internet corporate, dilengkapi dengan IM Text yang terenkripsi.
Office Communicator (release terbaru/automatic update).      
Dapat diakses melalui Communicator Web Access.
Terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office dan Microsoft Outlook.
Fasilitas untuk mengenali dan menampilkan kehadiran user lain dalam network.
Desktop sharing dan Instant Messaging.
Transfer File antar PC.
Messaging dengan Rich Content (Voice/Video Call and Conferencing & Presence).
Single sign on dengan Hosted Exchange Mail.
Pengorganisasian document didalam beberapa document library dan kemampuan control versi document, wiki, serta blog.
Tersedia beberapa fungsionalitas seperti halnya workflow, to-do list, alert dan forum.
Sharepoint.
Terintegrasi dengan aplikasi Microsoft Office, seperti halnya kemampuan manajemen.
Proyek dengan menggunakan Microsoft Project Server.
Kemampuan untuk menampilkan form yang dibuat dengan Microsoft Office InfoPath.
Dengan hanya menggunakan sebuah penjelajah web.
Fitur Konektifitas dan Integrasi dengan aplikasi:
Access anywhere dengan VPN IP (untuk private cloud) atau Speedy (untuk public cloud).
Pelanggan dapat mengintegrasikan aplikasi SaaS eksisting (yang dibangun berbasis Windows baik aplikasi web ataupun client-server) kedalam layanan TELKOMG-Cloud.
Teknologi yang di Sediakan:
Thin microkernelized hypervisor architecture yang mempunyai layering sehingga layer device driver terpisah dari inti kernel Hyper-V. Dengan demikian semua device driver yang didukung Windows Server, akan didukung pula dengan TelkomVPS;
Strong isolation yang memungkinkan tingkat isolasi yang sangat tinggi antar VM (Virtual Machine);
Kecepatan proses meningkat karana arsitektur Hyper-V yang lightweight, low-overhead virtualization;
Mendukung prosesor Multi-core  sehingga tiap VM dapat menggunakan 4 logical processor;.
Mendukung Enhanced 64-bit operating systems dan akses memori yang besar s.d. 64 GB per VM;
Secure Multi Tenant
Secure Multi Tenant menyediakan secure separation yang menjamin data pelanggan diproteksi, diisolasi, dan dipisahkan dari data pelanggan lainnya. Fitur ini juga mencegah terhadap kehilangan data, modifikasi data, pihak yang tidak memiliki otoritas mengakses data, dan serangan terhadap data.
TelkomCollaboration adalah sebuah solusi kolaborasi terintegrasi yang mencakup fitur exchange email; instant messaging, conferencing (voice call &video call), desktop sharing dan Sharepoint. Semua fungsi tersebut didelivery pada standard enterprise sehingga secure, full backup, data historis dan single ID yang dapat diakses darimana saja dengan berbagai terminal (termasuk mobile).
TelkomCollaboration merupakan layanan hosted Microsoft Exchange Server, Microsoft Office Communication Server (OCS) dan Microsoft Sharepoint. Layanan email ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berkolaborasi karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Layanan ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk berkolaborasi karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun.
Beberapa layanan serta fitur-fitur yang disediakan oleh telkomCollaboration, antara lain:

Layanan Hosted Microsoft Exchange:
Layanan ini adalah  sebuah layanan aplikasi surat elektronik (e-mail) berbasis teknologi MS Exchange yang dapat digunakan tanpa harus berinvestasi  untuk menyiapkan server, sistem operasi dan aplikasi mail. Fitur yang dapat diperoleh antara lain calender, folder, task & daftar kontak yang selalu tersinkronisasi pada semua email client dan devices yang digunakan.
Layanan Hosted Office Communication Server (OCS):
Layanan ini adalah layanan aplikasi Office Colloboration seperti instan messaging, VoIP Call, Conferencing (text,audio, video), Video Call & Presence yang dapat digunakan perusahaan tanpa harus berinvestasi  untuk menyiapkan server, sistem operasi dan aplikasi.
Sistem keamanan di e-Collaboration, adalah :
Teknologi SSL (Secure Socket Layer) dengan digital certificate resmi “Digicert” 256 bit (dikenal secara default oleh Browser).
Microsoft Server Firewall 2008
MS Forefront Threat Management gateway 2010
MS Forefront Anti Spam 2010
MS ForefrontANTI VIRUS2010
Fitur Hosted MS Exchange:
Kapasitas mailbox 50 hingga 500 MB per user
Dapat diakses melalui Outlook mobile, Outlook web access & Microsoft Outlook
Gratis lisensi  Microsoft Outlook (release terbaru/automatic update)
Didukung dengan protokol MAPI, POP3 dan IMAP4
Shared & Synchronized Personal Callender, Contact, Task, Private Folder
Pendelegasian Tugas
Remote Wipe
Fitur Hosted Office Communication Server (OCS):
Instant Messaging dengan jaminan keamanan melalui jaringan internet corporate dilengkapi dengan IM Text yang terenkripsi.
Office Communicator (release terbaru/automatic update)
Dapat diakses melalui Communicator Web Access.
Terntegrasi dengan aplikasi Microsoft Office.
Fasilitas untuk mengenali dan menampilkan kehadiran user lain dalam network.
Desktop sharing dan Instant Messaging.
Transfer File antar PC.
Messaging dengan Rich Content (Voice/Video Call and Conferencing & Presence)
Single sign on dengan Hosted Exchange Mail.
Fitur Sharepoint Foundation 2010 sebagai portal Intranet perusahaan untuk:
Document Management
News Management
List dan Custom List
Calendaring
Group Sites
WorkFlows
Blogging
Search

Layanan TelkomCloud telah digunakan oleh lebih dari 60 perusahaan dari berbagai industri, dan sebagian besar berasal dari industri keuangan yang sangat mementingkan security terhadap pengelolaan data yang mereka miliki. “Sebagai upaya revitalisasi TelkomCloud,telah dilakukan pembenahan infrastruktur IT dan platform pendukung TelkomCloud,penambahan layanan dan bundling dengan layanan VPN Telkom sedemikian rupa sehinggalayanan TelkomCloud juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan enterprise.
Layanan baru yang ditambahkan ke dalam portofolio Telkom antara lain: VPS (Virtual Private Server) non-windows, Storage as a Services (sebagai VAS dari VPS), vDataCenter (solusi Virtual Private Data Center), dan layanan WebEx (layanan Web conferencing/online meeting bermitra dengan Cisco). Melalui upaya revitalisasi ini, Telkom berharap dapat memulai perannya sebagai penyedia layanan Cloud Computing (Cloud Computing Service Provider) untuk pelanggan enterprise dan sekaligus UKM.
Layanan-layanan yang disediakan oleh perushaan telkom mengenai cloud computing menargetkan pada pasar teknologi modern secara umum, yang daat digunakan oleh orang banyak. Sasaran pasar perushaan telkom adalah para pelanggan enterprise dan UKM yang ada disekitar indonesia, layanan cloud computing yang diberikan diharapkan bisa menjadi suatu media bisnis online yang dapat membantu atau memajukan suatu perushaan.
Setelah membahas mengenai perushaan lokal yang menyediakan layanan cloud computing, selanjutnya pembahasan akan berlanjut mengenai perushaan luar negeri yang menyediakan layanan cloud computing.
AMAZON
Amazon Web Services adalah sekumpulan layanan-layanan berbasis Cloud Computing yang di sediakan oleh Amazon sejak tahun 2002. Meskipun salah satu perusahaan raksasa internet ini sering kita kenal untuk membeli buku dan lagu, namun sekarang Amazon telah menambah layanannya dalam hal infrastrutktur cloud computing. Amazon Web Services ini menyediakan layanan-layanan nya yang saling terintegrasi dan mudah kustomisasi. Pada tahun 2006, amazon mengenalkan Amazon’s Elastic Compute cloud (EC2) sebagai commercial web service yang menyediakan akses cloud kepada perusahaan dan individu untuk menyewa komputer storage yang bisa digunakan sebagai platform pengembangan aplikasi secara online, inilah awal dari IaaS, yaitu perusahaan yang menyediakan infrastruktur sebagai sebuah layanan.[2]
Ø  MANFAAT AMAZON WEB SERVICES
Amazon Web Services menyediakan layananinfrastruktur kunci bisnis dunia yang bermanfaat untuk membangun bisnis perusahaan dan sebagai akses penawaran produk dari suatu perusahaan ke perusahaan lain.
Amazon Web Services juga menyediakan layanan cloud computing sehingga pengguna dapat menyimpan data secara permanen di dalam server di internet.
Ø  KELEBIHAN AMAZON WEB SERVICES
Amazon Web Services menyediakan kontrol akses untuk memastikan topik dan pesan dijamin terhadap akses yang tidak sah
Amazon Web Services dapat diakses di mana saja dan kapan saja.
Efisiensi waktu dalam bisnis. Perusahaan-perusahan akan lebih dimudahkan dalam melakukan jual beli dengan menggunakan Amazon Web Services.

Ø  LAYANAN KOMPUTASI
Layanan ini di khususkan untuk memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin menggunakan Amazon untuk melakukan komputasi seperti server atau clustered server. Di mana server-server tersebut disebut instance.
Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)adalah platform komputasi berupa virtual computer yang dapat di kustomisasi maupun di kembangkan dengan menggunakan prinsip cluster dan load balance.
Amazon Elastic Map Reduceadalah layanan yang membantu dalam analisis data seperti data penjualan, data stock, data server log dan lain-lain. Yang kemudian data-data tersebut dapat di konversikan menjadi sebuah hasil analisis yang dapat digunakan dalam sistem pengambil keputusan.
Elastic Load Balancingadalah layanan yang menjadi satu paket dengan Amazon EC2, di mana layanan ini berfungsi untuk menyeimbangkan beban antara instance-instance yang kita miliki dalam Amazon EC2.

Ø  LAYANAN PENYIMPANAN
Layanan yang memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin menggunakan Amazon untuk melakukan penyimpanan. Layanan ini dapat digunakan oleh user sebagai mediabackup maupun Content Delivery Network (CDN).
Amazon Simple Storage Service (S3)adalah layanan media penyimpanan media internet. Amazon S3 dapat menjadi shared folder maupun Network Attached Storage.
Amazon Elastic Block Store (EBS)adalah tempat penyimpanan di sitem operasi Amazon EC2. EBS ini juga merupakan media yang disimpan diatas Amazon S3
AWS Storage Gatewayadalah layanan penyimpanan yang disediakan Amazon untuk perusahaan berskala besar.
Amazon CloudFrontadalah layanan untuk distribusi konten ke berbagai lokasi server Amazon.

Ø  LAYANAN BASIS DATA
Layanan ini di khususkan untuk basis data, di mana basis data kita tersebut disimpan di cloud, dan dapat di akses dari mana saja secara aman, cepat dan terpecaya.
Amazon Relational Database Service (RDS)adalah layanan server basis data di mana data dan server akan berada di cloud yang akan menjamin kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan kehandalan. Kita dapat memiliki aplikasi server yang kita mau seperti: MySQLOracle dan SQL
Amazon DynamoDBadalah layanan server basis data yang NoSQL dengan kualitas koneksi, kecepatan, keamanan dan juga mudah di setup dan konfigurasi.
Amazon SimpleDBadalah layanan server basis data yang NoSQL yang mirip dengan Amazon DynamoDB namun dengan skala yang lebih kecil.
Amazon ElastiCacheadalah layanan memory cache di atas cloud.
LAYANAN JARINGAN
Layanan ini di khususkan untuk mengatur jaringan antara layanan-layanan yang di dalam cloud maupun di luar cloud.
Amazon Route 53adalah layanan untuk domain name server (DNS).
Amazon Virtual Private Cloud (VPC)adalah layanan untuk membuat private cloud dengan menggabungkan layanan-layanan yang ada dalam Amazon Web Services.

Ø  LAYANAN APLIKASI
Layanan aplikasi ini desediakan oleh Amazon untuk melengkapi layanan-layanan yang lainnya. Layanan-layanan ini seperti aplikasi pencarian, aplikasi notifikasi, aplikasi email server, aplikasi workflow.
Amazon CloudSearchadalah layanan untuk menggabungkan fungsi pencarian dari Amazon Cloud Search dengan aplikasi yang kita miliki.
Amazon Simple Workflow Service (SWF)adalah layanan alur kerja proses bisnis atau mengelola infratruktur cloud di dalam Amazon Web Service.
Amazon Simple Queue Service (SQS)adalah layanan yang menyediakan sistem antrian pesan/intruksi dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.
Amazon Simple Notification Service (SNS)adalah layanan yang menyerupai mailing list, di mana kita dapat melakukan notifikasi kepada klien, nasabah maupin pengguna-pengguna lainnya dengan mengirimkan Email dan SMS.
Amazon Simple Email Service (SES)adalah layanan Email yang memperbolehkan menggunakan email server cloud untuk mengirimkan email dengan aman dan cepat.

Ø  METODE ATAU IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AMAZON WEB SERVICES
Amazon.com sebelumnya lebih terkenal dengan toko buku online-nya. Meski demikian, beberapa tahun yang lalu (sekitar tahun 2005), Amazon mengembangkan dirinya menjadi AWS (Amazon Web Service) yang menyediakan layanan komputasi awan, di mana setiap fungsi yang ada di dalamnya bisa diakses dengan panggilan Web Service. Protokol-protokol Web Service yang digunakan adalah SOAP dan REST. Konsep yang sangat penting dalam Amazon Web Service (AWS) adalah instance. Menggunakan suatu teknik yang dinamakan sebagai virtualisasi, para pengguna bisa melakukan pengembangan aplikasinya di atas berbagai perangkat keras dengan cara yang serupa dengan saat pengembangan aplikasi dilakukan pada sebuah mesin tunggal.

Kesimpulan
Perushaan yang menyediakan layanan cloud komputing diindonesia tidak kalah saing dengan perushaan asing, meski dari segi teknologi dan layanan perushaan amazon lebih banyak dan bervariasi, tapi perushaan telkom juga bisa mengimbangi perkembangan teknologi tersebut. Telkom sangat bagus dalam layanan cloud komputing dalam bidang komunikasi, dan amazon unggul dalam bidang penyediaan web service basis data serta penyediaan platform, jadi setiap perushaan tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri dan mempunyai keunggulan dalam suatu bidang tertentu.
Demikianlah penjelasan mengenai  perushaan cloud computing, apabila terdapat kekurangan dalam penjelasan mohon dimaafkan


Komputasi Modern

KOMPUTASI MODERN

1.      Sejarah Komputasi modern
Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika.
Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena itu kebanyakan dari kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern.
Awal mula tercetusnya komputasi modern adalah dari pemikiran seorang yang bernama John Von Neumann (1903-1957). Ilmuwan yang lahir dengan nama Neumann Janos meletakan dasar-dasar komputasi modern. Sebagai konsultan pada pengembangan ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori
Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Mungkin Selama bertahun-tahun yang lalu, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Itulah yang berkembang dari bidang komputasi modern. Penggunaan komputer sebagai media utama dalam komputasi sudah semakin meluas. Pada intinya, perkembangan komputasi modern/komputasi saat ini lebih menerapkan pada proses pemecahan suatu masalah perhitungan dengan menggunakan algortima yang dilakukan pada sebuah komputer.
Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah yang ada, contoh perhitungan komputasi modern yaitu seperti: Akurasi (bit, floating point), Kecepatan (dalam satuanHz), Problem volume besar (paralel), Modeling (NN dan GA), Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O).
Secara pribadi, penerapan komputasi modern saat ini hanya terbatas pada pemecahan masalah algoritma. Bagaimana mencari sebuah kompleksitas, membandingkan kompleksitas untuk beberapa bahasa pemrograman, dst. Kesimpulannya, komputasi modern memiliki banyak sekali manfaat dan perkembangannya pun cukup cepat dalam segala bidang.


2.      Karakteristik komputasi modern

Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2.    Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3.  Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

3.      Jenis – jenis komputasi modern

1. Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
2. Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
3. Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
  
4.      Contoh Komputasi modern dalam bidang kesehatan
Teknologi Informasi dan dunia Kesehatan sangatlah berhubungan. Berikut Ilmu Komputasi Modern yang digunakan dalam peralatan Kesehatan :
CT ScanTeknologi informasi diterapkan pada peralatan medis misal CT Scan (Computer Tomography). CT Scan adalah peralatan yang mampu memotret bagian dalam tubuh seseorang tanpa harus dilakukan pembedahan.
Sistem Informasi-Untuk mencari informasi tentang seorang pasien, pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan terminal yang disediakan untuk keperluan itu. Dengan mengetikkan sepenggal nama, system informasi akan segera menyajikan informasi tentang pasien yang memenuhi criteria pencarian.-Dalam bidang jasa pelayanan kesehatan teknologi informasi berguna untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada system penagihan yang bisa dilihat melalui internet.

Rekam MedisSebagai alat bantu untuk Rekam medis berbasis komputer (Computer based patient record) yang digunakan untuk mencatat semua data medis seperti catatan pasien, dll. Gambar disamping adalah contoh  halam aplikasi yang dapat membantu merekam data medis dari seorang pasien.

Smart CardSistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.

MycinMycin merupakan contoh system pakar yang digunakan untuk membantu juru medis mendiagnosis penyakit darah yang cepat menular dan kemudian dapat memberikan saran berupa penggunaan antibiotic yang sesuai. (system pakar adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk meniru keahlian seseorang dalam bidang tertentu).

Ultra Sonografi(USG)Penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi komputer, salah satunya adalah USG (Ultra sonografi). USG adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor.8. Penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
BiosensorPenggunaan Biosensor. Biosensor merupakan suatu alat Instrumen elektronik yang bekerja untuk mendektesi sample biokimia. Contoh paling sederhana adalah alat uji diabetes.

Kesimpulan
Sebagai kesimpulannya, manfaat dari penerapan komputer dalam bidang kesehatan di tiap-tiap aplikasinya antara lain sebagai berikut :
Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok
Melihat dan menganalisa organ – organ tubuh bagian dalam manusia
Memonitoring status pasien, merecord data pribadi pasien dan riwayat penyakit pasien
Melakukan penelitian ilmiah yang diperlukan
Memasukkan, menyimpan, menggelompokkan dan mengolah data – data secara cepat dan mudah
Mendeteksi DNA seseorang
Mengecek dan mengethaui hasil tes darah di laboratorium
Sebagai alat Bantu dalam pemeriksaan medis
  Intinya, dengan adanya komputer dalam bidang kesehatan sangatlah membantu. Kegiatan – kegiatan yang tadinya belum bisa dilakukan, saat ini sudah dapat dilakukan dengan komputer. Penggunaan komputer membuat pekerjaan seseorang menjadi lebih mudah, cepat dan akurat.


Selasa, 05 Desember 2017

Pengantar Bisnis Informatika


RENCANA BISNIS “SIRUP IDOL”




 


















PT. Sirup Idol, Jl.Sindang Laut, No. 60 kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat jati, JAKARTA TIMUR
13510

RINGKASAN EKSEKUTIF
PT Sirup Idol menawarkan produk berupa sirup yang disajikan dalam rasa buah melon yang dicampur dengan kadar air dan kadar gula. Sirup Idol tersebut dijual dalam kemasan botolan dengan berat neto 600 ml. Usaha sirup di Indonesia memiliki prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan. Ini dapat diketahui dari tingginya permintaan baik di dalam negeri. Target pasar kami adalah masyarakat luas. Usaha sirup ini banyak dikembangkan oleh industri pangan maupun pabrik rumahan di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan dilakukan program pemerintah yaitu penanganan dan pengolahan terhadap hasil pertanian atau perkebunan di Indonesia membuat tercukupinya pasokan bahan baku. Ini juga berarti usaha Sirup Idol dapat berkelanjutan dan berpeluang untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Dengan demikian, penawaran berpotensi untuk menaikan produk Sirup Idol sebagai upaya untuk memenuhi permintaan dari pasar yang cenderung makin tinggi. Prospek pengembangan ini, kami optimis bisa meningkatkan penghasilan perusahaan kami.

Keunggulan dalam produk ini adalah:
a.       Gula yang digunakan dalam sirup ini merupakan gula pasir tebu yang merupakan gula pasir alami. Sirup ini dibuat tidak menggunakan pemanis buatan.
b.      Melalui proses pembuatan yang benar-benar alami sehingga nutrisi yang terkandung dalam buah melon tidak hilang.
c.       Rasa manis alami dari sirup ini memiliki aroma yang khas dan wangi tentunya sangat menyegarkan.
Tingginya permintaan didalam negri, khususnya pada saat menjelang bulan puasa Ramadhan, membuat kami yakin dengan keuntungan yang akan kami peroleh.Pada awal operasionalnya, produk ini akan dipasarkan secara terfokus pada pasar domestik melalui retailer-retailer sehingga mampu menjangkau kota-kota besar diseluruh Indonesia. Setelah memperoleh sertifikat organik dalam badan sertifikasi internasional, perusahaan akan memasarkan produk ke luar domestik.

Harga jual yang ditetap untuk Sirup Idol adalah RP 20.000,- perbotol dengan berat bersih 600 ml, Kami memasarkan langsung produknya kepada konsumen melalui retail, toko maupun supermarket terdekat yaitu sekitar Tangerang, Banten dengan metode pengiriman barang langsung.
Lalu target kami selanjutnya sebelum bulan puasa Ramadhan tiba, kami mempromosikan produk kami keluar daerah dengan media publikasi sehingga permintaan akan produk kami memuncak ketika Ramadhan tiba. Dengan target pasar yang lebih luas menjamin keuntungan yang akan kami peroleh tiap bulannya.

Pernyataan Misi Perusahaan
Untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan dan pengolohan terhadap hasil pertanian dan perkebukan di Indonesia maka kita membuat minuman berbahan dasar buah hasil perkebunan untuk meningkatkan pendapatann masyarakat serta membantu pertumbuhan ekonomi dan terhindarnya generasi muda dari minuman minuman yang banyak menggunakan zat kimia.

Perusahaan
Kegiatan usaha berupa memproduksi Sirup Idol dengan bahan baku utamanya berupa buah melon air dan gula pasir. Sirup ini dikemas dengan menggunakan botol dan penutup botol. Berat bersih Sirup Idol per botol adalah 600 ml. Produk Sirup Idol ini akan didistribusikan kepada konsumen melalui retail seperti, toko-toko, hypermart dan swalayan lainnya. Pedistribusian sirup idol melalui Distributor sirup, Supplier sirup dan kerja sama dengan penjual minuman. Sirup idol ini dapat diminum oleh semua kalangan (anak-anak, remaja, orang tua).

Kepemilikan Perusahaan
PT Sirup Idol merupakan  perusahaan  keluarga yang berbentuk perseroan terbatas, dimana terdapat 1 (satu) orang yang menjadi pendirinya. Pendiri bertindak sebagai Komisaris dan terdapat satu orang Direktur, yaitu pihak yang memberikan modal dalam pendirian perusahaan ini. Selanjutnya, Direktur tersebut membawahi para manajer. Berdasarkan kebijakan yang telah dibuat, jajaran manajer dan tenaga kerja lainnya direkrut secara terbuka.

















Sejarah Perusahaan
Cikal bakal Sirup Idol bermula dari usaha keluarga yang didirikan oleh dua bersaudara Mch Fazriansyah dan Adhi. Awalnya, mereka berdagang aneka barang, antara lain anggur tradisional yang dikemas dalam botol. Selang dua tahun, tepatnya 14 Februari 2017 mereka berniat membuat minuman dari bahan organic yaitu melon maka terbentuklah SIrup Idol.
Dua bersaudara ini memutuskan untuk berbisnis dikarenakan sudah mempunyai pengalaman menjual minuman sebelumnya, maka dari itu mereka mengembangkan pengalaman yang telah di dapat untuk membentuk perusahaan keuluarga, hingga saat ini penjualan sirup idol sudah mencapai seluruh nusantara.

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
Pabrik sekaligus kantor untuk kegiatan operasional PT. Sirup Idol ini akan dibangun di daerah Tangerang, Banten. Perusahaan berencana untuk membeli tanah dengan luas 1.500 m persegi didekat jalan raya untuk mempermudah akses transportasi kendaraan operasional perusahaan.
Pabrik sirup ini akan berada di daerah Tangerang, Banten seluas 1.500 m2. Lahan tersebut akan digunakan untuk:


Fasilitas
Perusahaan tidak memiliki fasilitas penunjang yang ditujukkan kepada karyawaannya yakni berupa seperti mess karyawan. Tetapi di sekitar lingkungan pabrik berdiri, banyak terdapat kos-kosan yang dapat ditinggali oleh karyawan dan memiliki jarak yang dekat dengan pabrik.
Dalam proses pembuatan Sirup Idol, perusahaan ini menggunakan beberapa peralatan. Beberapa mesin dan peralatan yang digunakan telah sesuai dengan perencanaan yang baik untuk memenuhi sebuah standar produksi. Masing-masing peralatan yang digunakan sesuai dengan fungsi dalam proses produksi sirup ini.

Produk atau Jasa
PT Sirup Idol menawarkan produk berupa sirup yang disajikan dalam rasa buah melon yang dicampur dengan kadar air dan kadar gula. Sirup Idol tersebut dijual dalam kemasan botolan dengan berat neto 600 ml. Keuanggulan dalam produk ini adalah:
ü  Gula yang digunakan dalam sirup ini merupakan gula pasir tebu yang merupakan gula pasir alami. Sirup ini dibuat tidak menggunakan pemanis buatan.
ü  Melalui proses pembuatan yang benar-benar alami sehingga nutrisi yang terkandung dalam buah melon tidak hilang.
ü  Rasa manis alami dari sirup ini memiliki aroma yang khas dan wangi tentunya sangat menyegarkan.



Deskripsi Barang dan Jasa
Sirup Idol
PT Sirup Idol ini memproduksi sirup dalam kemasan botolan dengan rasa buah melon dengan nama merek dagang Sirup Idol. Produk ini dibuat dalam kemasan dengan berat netto 600 ml. Bentuk kemasan menggunakan botol dengan ditempeli label yang ditempatkan pada kemasan botol kaca ukuran 600ml. Perusahaan berkerja sama dengan Klien Sribu yaitu Oshaly yang merupakan perusahaan jasa desain label kemasan untuk mendesain kemasan label Sirup Idol. Perusahaan Sirup Idol menginginkan desain yang memiliki kesan dan dibuat sesimple mungkin, mudah dipahami dan diingat, orisinil (bukan tiruan dari desain produk yang sudah ada) dan mencerminkan sifat produk. Pembuatan sirup dengan memanfaatkan buah melon  dan merupakan salah satu usaha yang dapat dikembangkan dalam usaha skala industri rumah tangga atau juga dengan skala perusahaan.

Peramalan Pasar/ Pasar Sasaran
Perusahaan Sirup Idol,didirikan setelah suksesnya sirup Mardjan dan ABC dipasaran.Maka dari itu, Sirup Idol belum memilki Brand Equity yg cukup untuk memangsa pasar  sebesar sirup Mardjan dan sirup ABC.Disamping itu,penduduk Indonesia meningkat 2jt jiwa setap tahunnya,salah satu factor dari pertumbuhan Industri makanan dan minuman adalah jumlah populasi.Dengan peningkatan tersebut, proyeksi pertumbuhan industry minuman akan cenderung mengalami peningkatan. Untuk jangkauan pasaran sirup Idol,sirup Idol ingin produknya dapat dijangkau dengan mudah oleh semua khalangan masyarakat,melalui,system distribusi yg optimal.

Kunci untuk Sukses
Kualitas Bersaing 1
Gula yg digunakan dalam sirup ini merupakan gula pasir tebu,yg merupakan gula pasir alami.Sirup ini dibuat tidak dengan pemanis buatan.Melalui proses pembuatan yg benar benar alami ini,membuat nutrisi yg terkandung dalam buah melon tidak hilang.Rasa manis alami dari sirup ini memiliki aroma yg khas dan wangi tentunya sangat menyegarkan.

Kualitas Bersaing 2
Jika dibandingkan dengan competitor lain,sirup idol memiliki harga yg lebih rendah dibandingkan dengan competitor lain.Walaupun harga sirup tersebut cukup bersaing,Sirup Idol tersebut yakin dapat memangsa pasar atas produk yg dijualnya karena memiliki kualitas yg tinggi.

Kualitas Bersaing 3
Sirup ini dibuat dengan melalui pemeriksaan kadar higienis yg sempurna.Rangkaian botol botol yg akan di isi dengan sirup,harus melalui pemeriksaan yg teliti dengan melalui pemeriksaan manual atau elektronik (scapping) dan  sirup idol telah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Strategi Bisnis dan Implementasi
Dalam perusahaan kami yaitu PT.Sirup Idol, kami akan menggunakan strategi bisnis Alliance Strategy dimana kami akan membangun kerja sama yang dilakukan oleh perusahaan kami selaku pembuat minuman Sirup Idol dengan petani buah melon yang ada di desa Konoha. Hal tersebut dilakukan untuk memanfaatkan melimpahnya hasil panen buah melon yang berkualitas di desa Konoha, selain itu juga masih belum adanya warga yang mengolah buah melon ini menjadi minuman olahan. Hal tersebut akan membentuk suatu relasi bisnis yang saling bersinergi dan sekaligus akan meningkatkan perekenomian desa Konoha serta memajukan perusahaan PT.Sirup Idol. Saat ini perusahaan kami akan memfokuskan pada pemasaran, hal tersebut dilakukan untuk memperkenalkan produk Sirup Idol kami kepada masyarakat yang akan menjadi calon konsumen kami.
Periklanan
Dalam periklanan, kami akan membuatnya dalam 3 format iklan yang akan dilakukan secara bertahap. Yaitu dimulai dari iklan tv, iklan cetak, dan iklan radio. Kami menggunakan 3 format ini dikarenakan media-media tersebut sangat sering digunakan, dilihat maupun didengar oleh masyarakat, sehingga diyakini produk kami akan lebih cepat dikenal dan dapat dengan segera menarik perhatian calon konsumen. Dalam iklan itu kami akan memperkenalkan lebih dalam tentang produk kami kepada calon konsumen dan memberitahu keunggulan produk kami yang menggunakan bahan-bahan alami serta diolah dari buah asli sehingga lebih sehat dan halal untuk dikonsumsi setiap hari ketika haus mendera.

Strategi Pemasaran
Dalam strategi pemasaran, produk kami ini hadir untuk memberikan suatu olahan minuman kepada masyarakat khususnya sirup tanpa menggunakan perisa atau perasa kimia, melainkan dengan olahan buah alami. Kami ingin menonjolkan buah melon ciri khas desa Konoha yang merupakan buah melon varietas terbaik di Indonesia yang dimana menjadi bahan utama dalam pembuatan Sirup Idol ini. Sehingga kualitas Sirup Idol ini sangat baik,  dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga dewasa dan tidak perlu diragukan lagi dengan rasa manisnya yang mampu membuat Indonesia tersenyum.

Rencana Penjualan
                Rencana penjualan dilakukan dengan tiga cara. Pertama, secara partai besar. Para agen toko dapat memesan langsung ke perusahaan dengan jumlah besar sesuai dengan yang dibutuhkan dengan catatan membuat terlebih dahulu pemesanan jenis produk, jumlah produk, tanggal diutuhkannya produk. Kedua, secara eceran. Perusahaan akan membuka toko yang menjual produk secara eceran, sehingga pihak perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen sehingga mudah dalam mendapatkan saran dan kritikan dari produk yang dijual. Ketiga, secara online. Karena era globalisasi yang berkembang pesat, sehingga semakin dimudahkannya mendapatkan kebutuhan hidup dengan mencari di internet. Oleh karena itu, perusahaan berencana untuk membuat sebuah web yang memuat tentang jenis-jenis produk yang dijual dan konsumen dapat memesan langsung di web tersebut.






Aliansi Strategis
                Dalam aliansi strategis, perusahaan juga berencana untuk bekerjasama dengan web-web yang berfungsi sebagai e-commerce yang sudah terkenal di kalangan masyarakat untuk menaruh produk yang tersedia untuk dijual. Untuk sistem komisi, perusahaan akan mengikuti jumlah presentase yang diberlakukan oleh pihak web e-commerce.
            Dengan bantuan web e-commerce tersebut, diharapkan dapat meningkatkan promosi produk serta distribusi produk kepada konsumen.

Organisasi
PT Sirup Idol merupakan  perusahaan  keluarga yang berbentuk perseroan terbatas, dimana terdapat 1 (satu) orang yang menjadi pendirinya. Pendiri bertindak sebagai Komisaris dan terdapat satu orang Direktur, yaitu pihak yang memberikan modal dalam pendirian perusahaan ini. Selanjutnya, Direktur tersebut membawahi para manajer. Berdasarkan kebijakan yang telah dibuat, jajaran manajer dan tenaga kerja lainnya direkrut secara terbuka.
Perusahaan dibagi menjadi 3 (tiga) divisi. Yaitu divisi produksi, divisi pemasaran, dan divisi keuangan & administrasi. Dimana masing-masing divisi dipimpin oleh seorang manajer.
Struktur Organisasi








Tim Manajemen
·         Komisaris
Nama         : Septian Wibowo
Komisaris merupakan pendiri dari PT Sirup Idol.
·         Direktur    
Nama                     : Rian Septa Setia
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 4 tahun menjadi manajer Produksi PT Sirup ABC
Pada struktur organisasi, direktur berada pada puncak hierarki dan bertanggung jawab penuh atas kelangsungan PT Sirup Idol. Tugas dan fungsi direktur adalah sebagai berikut :
ü  Menjadi  pemimpin  pelaksana  operasional  PT  Sirup Idol.
ü  Melakukan koordinasi dengan Komisaris, serta melakukan pelaporan secara berkala.
ü  Mengawasi kinerja divisi-divisi yang dibawahinya.
ü  Membuat perencanaan strategis agar perusahaan dapat berkembang pesat ke depannya.

·         Manajer Produksi
Nama                     : Mochamad Fazriansyah
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 2 tahun menjadi Supervisor PT Panasonic Manufacturing Indonesia
Pada struktur organisasi, Manajer Produksi berada di bawah Direktur. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas Manajer Produksi:
ü  Mengawasi kegiatan operasional yang dilakukan di pabrik sehari-hari serta melakukan inspeksi pada proses produksi.
ü  Membawahi dan bertanggung jawab atas bagian operasional pabrik.
ü  Memberikan laporan bulanan kepada Direktur mengenai pelaksanaan operasional pabrik.
ü  Bertanggung jawab dan melakukan pengawasan terhadap kinerja para pekerja pabrik.
ü  Bertanggung jawab atas proses pembelian bahan baku produksi, penyimpanan bahan baku maupun bahan jadi.
·         Manajer Pemasaran
Nama                     : Rangga Ferbrianda
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 3 tahun menjadi manajer pemasaran PT Sirup Marjan
Pada struktur organisasi, Manajer Pemasaran berada di bawah Direktur. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas Manajer Pemasaran:
ü  Melakukan fungsi marketing perusahaan seperti advertising, promotion, dan public relation.
ü  Melakukan analisis konsumen sebagai masukan untuk melakukan inovasi dan perbaikan produk.
ü  Memberikan laporan bulanan kepada Direktur mengenai kegiatan pemasaran yang telah dan akan dilakukan.

·         Manajer Keuangan & Administrasi
Nama                     : Syifa Mutia
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 2 tahun menjadi manajer KCP PT BCA
Pada struktur organisasi, Manajer Keuangan dan Administrasi berada di bawah Direktur. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas Manajer Keuangan dan Administrasi:
ü  Membuat perencanaan dana (budgeting).
ü  Membuat kebijakan keuangan yang berhubungan dengan alokasi penggunaan sumber dana.
ü  Memberikan laporan dua mingguan kepada Direksi mengenai kegiatan keuangan.
ü  Membuat laporan keuangan perusahaan setiap tiga bulan sekali.
ü  Mengontrol arus kas masuk dan arus kas keluar.

·         Staff Finance
Nama                     : Arief Herlambang
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 1 tahun menjadi kepala finance PT Sirup Marjan
Pada struktur organisasi, admin kantor berada di bawah Manajer Keuangan dan Administrasi. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas dari Staf Administrasi:
ü  Bertanggung jawab atas pencatatan biaya operasional perusahaan.
ü  Melakukan laporan berkala kepada manajer keuangan.

·         Staff Akuntansi
Nama                     : Nada Sakira
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 3 tahun menjadi staff akuntansi PT Astra Komponen Indonesia
Pada struktur organisasi, akuntan berada di bawah Manager Keuangan dan Administrasi. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas akuntan:
ü  Melakukan pencatatan akuntasi terhadap semua trasnsaksi yang terjadi di perusahaan.
ü  Melakukan audit terhadap keadaan perusahaan secara periodik.
ü  Menyiapkan laporan keuangan perusahaan secara berkala.
ü  Melakukan laporan berkala kepada Manajer Keuangan.

·         Staff Marketing
Nama                     : Aprylian Maulidia
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 2 tahun menjadi manajer marketing PT Yanmar Indonesia
Pada struktur organisasi, Staf Marketing berada di bawah Manager Pemasaran. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas Staf Marketing:
ü  Menyusun, menjalankan dan mengevaluasi strategi marketing untuk meningkatkan penjualan produk.
ü  Berkoordinasi dengan media promosi dan publikasi.

·         Supervisor Pabrik
Nama                     : Jovi Hermansyah
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 5 tahun menjadi supervisor PT Pfizer Indonesia
Pada struktur organisasi, Supervisor berada di bawah Manajer Produksi.  Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas Supervisor:
ü  Bertanggung jawab atas hasil kerja Staf
ü  Memberi motivasi kerja kepada Staf Bawahanya
ü  Supervisor membuat usulan promosi jabatan bagi Staf bawahannya
ü  Supervisor memberikan reward (penghargaan) kepada Staf Bawahannya
ü  Supervisor berhak memberikan Punishment (hukuman) untuk Staf Bawahannya
·         Quality Control
Nama                     : Eko Aji Sejati
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 2 tahun menjadi Quality Control PT Sanyo Indonesia
Pada struktur organisasi, Quality Control berada di bawah Manajer Produksi.  Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas Quality Control:
ü  Memantau perkembangan semua produk yang diproduksi oleh perusahaan.
ü  Bertanggung jawab untuk memperoleh kualitas dalam produk dan jasa perusahaannya.
ü  Bertanggung jawab untuk mengidentifikasi masalah dan isu-isu mengenai kualitas produk dan juga harus membuat rekomendasi kepada otoritas yang lebih tinggi.

·         Kepala Gudang
Nama                     : Eko Dwilangga
Latar Belakang      : S1 Universitas Gunadarma
Pengalaman           : 3 tahun menjadi Kepala Gudang PT Lazada
Pada struktur organisasi, kepala gudang berada di bawah Manager Operasi. Berikut adalah fungsi dan tugas-tugas kepala gudang:
ü  Melakukan pengawasan atas semua inventori yang ada di dalam gudang, baik bahan baku, barang setengah jadi, maupun barang jadi.
ü  Melakukan laporan berkala kepada manajer produksi.


Tim Management
BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : Mch Fazriansyah
2.        Jabatan                                : MANAJER
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : BONDOWOSO, 25 MARET 1996
4.        Alamat Rumah                    : SUKOSARI KIDUL
5.        Nomer Telepon                   : 08089765455
6.        Nomor Fax                          : -
7.        Alamat E-mail Terakhir      : fazriansyah.mo@gmail.com
8.        Pendidikan Terakhir           : S1-TI
9.        Pengalaman Kerja               : -

BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : Septian Adhi Wicaksono
2.        Jabatan                                : HUMAS PEMASARAN
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : BONDOWOSO, 12 AGUSTUS 1996
4.        Alamat Rumah                    : SUKOSARI LOR
5.        Nomer Telepon                   : 081876789009
6.        Nomor Fax                          : -       
7.        Alamat E-mail Terakhir      : septianadhiwicak@gmail.com
8.        Pendidikan Terakhir           : S1-TI
9.        Pengalaman Kerja               : -

BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : Eko Saputra
2.        Jabatan                                : PEMASARAN
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : JEMBER, 17 MEI 1995
4.        Alamat Rumah                    : PERUM JEMBER PERMAI 2 BLOK R  - 11
5.        Nomer Telepon                   : 081987654009
6.        Nomor Fax                          :         
7.        Alamat E-mail Terakhir      : eko1996saputra@gmail.com
8.        Pendidikan Terakhir           : SMK
9.        Pengalaman Kerja               : -


BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : Nada Verrel
2.        Jabatan                                : KEUANGAN
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : PROBOLINGGO,06 JUNI 1996
4.        Alamat Rumah                    : Jl. YOS SUDARSO KAB. PROBOLINGGO
5.        Nomer Telepon                   : 089765454342
6.        Nomor Fax                          : -
7.        Alamat E-mail Terakhir      : nvnadanaga694@gmail.com
8.        Pendidikan Terakhir           : D3
9.        Pengalaman Kerja               : -

BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.        Nama                                  : Rangga Febrianda Pratama
2.        Jabatan                                : PRODUKSI
3.        Tempat dan Tanggal Lahir  : Situbondo, 27 Februari 1995
4.        Alamat Rumah                    : Jl. CENDRAWASIH KAB  SITUBONDO
5.        Nomer Telepon                   : 085678543432
6.        Nomor Fax                          : -
7.        Alamat E-mail Terakhir      : ranggafebrianda@gmail.com
8.        Pendidikan Terakhir           : D4
9.        Pengalaman Kerja               : -

Kesenjangan Tim Manajemen
Untuk Keterampilan yang belum dimiliki Tim, kita memutuhkan staff-staff tambahan lainnya seperti staff Finance, Akuntansi, Admin, Marketing, Distribusi, Supervisor, Gudang, dll. Menggunakan tenaga kerja yang direkrut secara terbuka.

Pertimbangan Tim Manajemen Lainnya
Setiap manajemen dan pegawai yang akan masuk ke perusahaan ini perlu dipastikan apakah memiliki keterikatan persetujuan untuk “tidak-bersaing” dengan pesaing dari perusahaan ini. jika memiliki keterikatan tersebut, maka sebaiknya tidak kita terima di perusahaan ini karna akan menyulitkan jalannya perusahaan ini.

Analisis Keuangan
Atribut keuangan utama yang terdapat pada perusahaan sirup ini, diantaranya adalah :

1.  Proyeksi aliran kas (cash flow)
Proyeksi aliran kas dalam suatu perusahaan memegang peranan penting, karena proyeksi aliran kas merupakan perkiraan dari sejumlah uang kas yang masuk dan keluar dari perusahaan tersebut, serta berapa saldonya dalam setiap periode.
Dari proyeksi aliran kas tersebut, dapat diketahui jumlah dana yang dibutuhkan, baik dana untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Selain itu akan diketahui juga kemampuan dari perusahaan dalam melakukan pembayaran kewajiban bulanan, sehingga dapat diketahui jangka waktu yang dibutuhkan untuk melunasi kredit.
Berikut ini adalah proyeksi aliran kas perusahaan sirup per tahun selama 5 tahun ke depan:

2.  Proyeksi laba rugi
Proyeksi laba rugi dalam suatu perusahaan dapat digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan selama satu periode tertentu, yakni ringkasan dari pendapatan dan biaya perusahaan selama periode tertentu, dan diakhiri dengan laba atau kerugian bersih untuk periode tersebut. Proyeksi laba rugi perusahaan diperlukan untuk menilai perubahan potensial sumber daya ekonomi yang mungkin dikendalikan di masa depan, serta untuk memprediksi kapasitas perusahaan dalam menghasilkan aliran kas dari sumber daya yang ada. Selain itu perkiraan laba rugi ini juga berguna dalam hal perumusan pertimbangan mengenai efektivitas perusahaan dalam memanfaatkan tambahan sumber daya.
Berikut ini adalah proyeksi laba rugi perusahaan dalam 5 tahun ke depan :


3.  Net Present Value (NPV) dan Internal rate of return (IRR).
Net present value merupakan penjumlahan seluruh present value dari net cash flow suatu proyek, baik yang berupa initial investment ataupun proyeksi cash flow di masa mendatang. Sedangkan internal rate of return merupakan discount rate dimana net present value dari biaya-biaya suatu proyek sama dengan net present value dari keuntungan yang diterima. Jadi, jika internal rate of return (IRR) lebih besar dari cost of capital, maka proyek dianggap layak karena menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih besar dibanding biaya yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan modal. Sebaliknya, jika IRR lebih kecil dari cost of capital, maka proyek dianggap tidak layak untuk dijalankan. Begitupun untuk net present value (NPV), jika hasil penjumlahan seluruh present value dari net cash flow lebih besar dari nol, maka dianggap proyek tersebut layak untuk dijalankan.
Berikut ini adalah perkiraan dari NPV dan IRR dari usaha sirup tersebut :


Dari hasil proyeksi perhitungan diatas terlihat bahwa proyek sirup tersebut layak untuk dijalankan, karena hasil nilai NPV bersifat positif, yakni sebesar Rp 6.828.478.088 dan nilai IRR sebesar 43%. Untuk fluktuasi yang mungkin terjadi pada penjualan musiman, maka pada penjualan sirup ini fluktuasi dapat terjadi pada saat menjelang bulan romadhon sampai hari raya idul fitri, dimana terjadi peningkatan penjualan dibandingkan bulan-bulan lainnya dalam setahun.

Rencana Keuangan
Langkah-langkah yang perlu diambil dalam merencanakan keuangan perusahaan adalah :
1.      Menghitung biaya set up, yang terdiri dari :
-          biaya administrasi dan pemasaran awal
-          biaya pendaftaran , lisensi dan legal lainnya seperti biaya izin mendirikan bangunan, biaya izin pendirian usaha dan notaris.
-          biaya peralatan dan kebutuhan asset, yang meliputi biaya pembangunan fisik (harta tetap).
-          modal kerja awal (working capital).

2.      Proyeksi laba rugi.
Perusahaan dapat membandingkan potensi pendapatan penjualan (omzet) dengan harga pokok penjualan plus biaya tetap operasi, lalu tetapkan perkiraan harga penjualan agar perusahaan dapat menghitung potensi laba/keuntungannya.
3.      Proyeksi aliran kas (cash flow).
4.      Proyeksi neraca.
Proyeksi neraca merupakan perkiraan jumlah dan rincian kekayaan yang akan dimiliki perusahaan beserta seluruh kewajibannya, baik kepada kreditor maupun kepada pemegang saham, pada satu periode tertentu di masa mendatang. Prediksi neraca tersebut dibuat berdasarkan perkiraan penjualan serta perkiraan biaya operasi. Neraca terdiri dari aset, saldo pinjaman dan saldo modal.
5.      Analisa titik impas (Break Even Point).
Yaitu suatu keadaan dimana perusahaan tidak mendapat untung dan kerugian (impas), jadi total hasil penjualan sama dengan total biaya. Manajer harus melakukan analisa titik impas ini, karena analisa ini penting dilakukan oleh perusahaan, dalam membantu perencanaan keuangan, penjualan dan produksi, sehingga manajer dapat mengambil keputusan untuk meminimalkan kerugian, memaksimalkan keuntungan dan melakukan prediksi keuntungan yang diharapkan melalui penentuan harga jual persatuan, produksi minimal, pendesainan produk, dan lain-lainnya.
Adapun proyeksi laba rugi (proforma) dari perusahaan ini dapat dilihat di tabel proyeksi laba rugi perusahaan 5 tahun ke depan yang ada di atas. Sedangkan prediksi neraca (proforma) dari perusahaan ini adalah :




 

































Kapitalisasi dan biaya Start-Up
Biaya start up perusahaan ini berasal dari dua sumber dengan total modal sebesar Rp 4.989.600.000,- yang terdiri dari modal sendiri sebesar 40% dengan total pendanaan Rp 1.995.840.000,- dan sisanya 60% berasal dari pinjaman bank dengan jumlah Rp 2.993.760.000,-. Dana pinjaman bank tersebut dibutuhkan untuk menutupi kekurangan modal agar usaha tersebut dapat mulai dijalankan.
Perusahaan sirup ini merupakan perusahaan keluarga yang berbentuk perseroan terbatas (PT) dan pendirinya hanya 1 orang, yang sekaligus berkedudukan sebagai komisaris, serta satu orang direktur yang memberikan modal dalam pendirian perusahaan ini, dimana direktur tersebut membawahi beberapa manajer.
Adapun aset utama perusahaan ini diantaranya adalah uang tunai, tanah, bangunan, peralatan, sertifikat dan merek. Selain aset tersebut, perusahaan juga harus menjaga aset utama perusahaan, aset yang tidak kalah pentingnya dalam berbisnis, yaitu aset sumber daya manusia yang meliputi
karyawan dan pelanggan, karena karyawan dan pelanggan lah yang dapat membantu bisnis tersebut dapat terus beroperasi dengan lancar.
Karyawan merupakan salah satu aset terpenting dalam perusahaan, karena dengan kepuasaan karyawan terhadap perusahaan, tidak menutup kemungkinan bagi karyawan tersebut untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Selain itu para karyawan juga dapat memberikan inovasi baru bagi perusahaan, meningkatkan daya saing serta menjaga citra perusahaan. Sedangkan pelanggan juga merupakan aset utama dalam perusahaan, dikarenakan suatu bisnis tidak akan dapat berjalan tanpa adanya pelanggan. Ketika perusahaan masih memiliki pelanggan yang loyal, maka bisa dipastikan perusahaan akan terus berjalan. Pelanggan yang loyal biasanya akan memberikan informasi tentang apa yang mereka butuhkan, dan dari informasi tersebut perusahaan dapat mengembangkan produknya dan memanfaatkan peluang yang ada sesuai kebutuhan pelanggan. Selain itu pelanggan juga merupakan inspirasi perusahaan untuk mendapatkan ide-ide baru yang fresh untuk membuat inovasi dari segi produk, pemasaran, pelayanan dan sebagainya.


Proyeksi Harga Pokok Penjualan
Dari seluruh perhitungan sebelumnya, berikut adalah proyeksi harga pokok penjualan perusahaan selama 5 tahun:
























Berdasarkan perhitungan Harga Pokok Penjualan diatas, memiliki nilai HPP sebesar Rp 11.189,- per unit botol di tahun pertama yang meningkat hingga Rp 14.049,- pada tahun kelima. Nilai tersebut berada jauh dibawah harga jual yang ditetapkan perusahaan, sehingga perusahaan masih bisa memperoleh laba setelah nilai penjualan dikurangi biaya operasional lainnya.


Proyeksi Laporan Laba Rugi
Perhitungan laba rugi terlihat dalam tabel berikut:
 













Proyeksi perhitungan laba rugi menggambarkan perhitungan atas proyeksi nilai penjualan yang dihasilkan dengan Harga Pokok Penjualan (HPP), biaya-biaya operasional, biaya bunga dan pajak sehingga menghasilkan proyeksi laba bersih yang akan diterima perusahaan. Dari perhitungan tersebut juga dapat dilihat bahwa usaha ini menguntungkan perusahaan karena nilai profit margin (rasio antara laba bersih dan nilai penjualan) yang dihasilkan lebih besar dari nol dan cenderung meningkat setiap tahunnya, walaupun ditahun ke 0 negatif karena awal pendirian perusahaan membutuhkan biaya yang lebih besar.