Pengertian Webometric
Webometric adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan
tinggi melalui Websitenya. Sebagai alat ukur (Webomatric) sudah mendapat
pengakuan dunia termasuk di Indonesia (sekalipun masih ada yang meragukan
tingkat validitasnya). Peringkat Webometric pertama kali diluncurkan pada tahun
2004 oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de
Investigaciones Cientificas (CSIC). CSIC merupakan lembaga penelitian terbesar
di Spanyol.Secara periodik peringkat Webometric akan diterbitkan setiap 6 bulan
sekali pada bulan Januari dan Juli. Peringkat ini mengukur lebih dari 16.000
lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia yang terdaftar dalam direktori.
Peringkat perguruan tinggi versi Webometric dapat dengan mudah dilihat atau
diakses melalui Internet dengan alamat :http://www.webometrics.info/ .
Webometric bukanlah tujuan akhir, namun webometric yang
merupakaan pemetaan dari kekuatan perguruan tinggi di bidang Social Networking
baik interneal sekaligus ekternal. Apapun tujuan webomteric sangatlah kita
hargai untuk memacu perguruan tinggi memacu partisipasinya ke masyarakat luas,
salah satunya dari publikasi penelitian.
Pelopor perangkingan universitas ala Webometrics
ini adalah Cybermetrics Lab, sebuah group penelitian dari Centro de Información
Documentación (CINDOC) yang merupakan bagian dari National Research Council
(CSIC), Spanyol. Mulai melakukan perangkingan universitas pada tahun 2004, dan
mempublikasikan rangking universitas setiap enam bulan sekali (bulan Januari
dan Juli). Indikator penilaian rangking berbasis Web ini cukup unik, meskipun
sebenarnya tetap memiliki hubungan erat dengan ilmu scientometric dan
bibliometric.
Pengukuran Webometric memang hanya menekankan
pada publikasi secara elektronik melalui Website, baik dari segi kualitas
maupun kuantitas. Adapun kriteria yang digunakan untuk mengukur peringkat
Webometric adalah Size, Visibility, Rich file, dan Scholar. Penjabarannya
adalah sebagai berikut :
Size (S) atau Ukuran Website, yaitu jumlah
halaman yang terindek oleh empat mesin pencarian utama yaitu : Google, Yahoo,
Live Search dan Exalead.
Visibility (V) atau Ketertampakan Website, yaitu:
jumlah keseluruhan tautan ekternal yang unik dan terdeteksi oleh Google search,
Yahoo Search, Live Search and Exalead.
Rich Files (R) atau Banyaknya Dokumen, yaitu:
banyaknya file yang terdeteksi, khususnya file yang memiliki tingkat relevansi
terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, dalam bentuk: Adobe Acrobat
(.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint
(.ppt).
Scholar (Sc) atau Kepakaran, yaitu: paper atau
karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google Scholar.
Metode perhitungan nilai
webometric adalah menggunakan rumus:
University Score= (4xV) + (2xS)
+ (1xR) + (1xSc)
Dalam meranking, webometic melibatkan beberapa
search engine antara lain:
a. Google
Mesin pencari yang per desember 2008 telah
menguasai 62% pencarian di seluruh dunia.
b. Yahoo Search
Yahoo saat ini memiliki daftar direktori yang
cukup segmentif, karena selain yahoo melibatkan unsur yang free dalam
pendaftaran juga memberikan tarif untuk submitted sekitar $299.
c. Live Search
Merupakan mesin pencari group Microsoft.
Google dan Live search menjadi penting di
webometric, karena dominasinya. Saat ini termasuk yang utama karena Google
merupakan search default untuk browser Firefox,dan Live search untuk Internet
Explorer 7 dan beta 8. Apabila perguruan tinggi ingin mendapatkan peringkat
yang lebih tinggi, maka dalam pengelolaan Websitenya harus memperhatikan 4
unsur di atas. Semakin banyak unsur tersebut terpenuhi akan semakin tinggi
potensi untuk memperbaiki peringkatnya dan potensi sebuah perguruan tinggi
untuk masuk dalam “World Class University” akan semakin terbuka.
Sayangnya Webometric hanya memunculkan sampai
peringkat 6.000 perguruan tinggi dunia. Apabila ada perguruan tinggi yang belum
masuk peringkat 6.000 atau di atas 6.000, maka tidak dapat dilihat dalam
Webometric. Namun demikian untuk mengetahui tingkat kemajuan Website terutama
dari aspek seberapa banyak jumlah yang mengakses dapat dilihat melalui situs
dengan alamat: http://www.alexa.com .
Darihttp://www.alexa.com dapat diketahui “tren” jumlah
yang akses terhadap suatu Website. Disamping itu “alexa” juga mengetahui
seberapa jauh kontribusi Website dari masing-masing unit dan lembaga terhadap
universitasnya. Misalnya dari domain sebuah PTN dapat diketahui kontribusi
digilib dan library, masing mempunyai 13 % dan 7 %, dan lain-lain.
Anda baru saja membaca artikel yang
berkategori Pendidikan / Pengertian dengan
judulPengertian Webometric Adalah. Jika kamu suka, like dan
bagikan keteman-temanmu. Terima kasih! by : Global Online Book
Pengertian Webometric
www.kuningmas-autocare.co.id www.usnadibrata.co.id www.askaf.co.id www.hilfans.wordpress.com www.hilfan-s.blogspot.com www.profesorjaket.co.id
0 komentar:
Posting Komentar